Analisis Sentimen Pengguna Aplikasi Merdeka Mengajar Menggunakan Metode Vader Lexicon
DOI:
https://doi.org/10.30700/sisfotenika.v15i1.513Keywords:
Aplikasi Merdeka Mengajar, VADER Lexicon, analisis sentimen, pendidikan digital, scrapingAbstract
Abstrak
Perkembangan teknologi digital memengaruhi dunia pendidikan, termasuk di Indonesia, dengan hadirnya Aplikasi Merdeka Mengajar yang mendukung kebijakan Merdeka Belajar. Penelitian ini bertujuan menganalisis sentimen ulasan pengguna aplikasi tersebut menggunakan metode VADER (Valence Aware Dictionary and sEntiment Reasoner) Lexicon. Data ulasan diperoleh melalui scraping, diikuti proses preprocessing untuk membersihkan data dan meningkatkan akurasi. VADER Lexicon menganalisis sentimen positif, negatif, dan netral dengan mempertimbangkan elemen linguistik, seperti intensitas dan negasi. Hasil analisis menunjukkan 87.3% ulasan positif, 8.3% negatif, dan 4.4% netral, mencerminkan tingkat kepuasan yang tinggi. Evaluasi dengan akurasi 90%, presisi 93.3%, recall 90%, dan F1-score 90.4% menunjukkan keandalan VADER dalam menganalisis sentimen. Meskipun metode ini efisien dan konsisten, kelemahan dalam menangkap ironi dan sarkasme serta bahasa lokal masih ada. Rekomendasi untuk penelitian selanjutnya mencakup pengembangan leksikon bahasa Indonesia dan kombinasi metode tambahan untuk akurasi yang lebih baik.
Kata kunci— Aplikasi Merdeka Mengajar, VADER Lexicon, analisis sentimen, pendidikan digital, scraping