Analisis Sentimen Pengguna Aplikasi Merdeka Mengajar Menggunakan Metode Vader Lexicon

Authors

  • Samsul Arifin Universitas Amikom Purwokerto
  • Bagas Aji Febryanto Universitas Amikom Purwokerto

DOI:

https://doi.org/10.30700/sisfotenika.v15i1.513

Keywords:

Aplikasi Merdeka Mengajar, VADER Lexicon, analisis sentimen, pendidikan digital, scraping

Abstract

Abstrak

Perkembangan teknologi digital memengaruhi dunia pendidikan, termasuk di Indonesia, dengan hadirnya Aplikasi Merdeka Mengajar yang mendukung kebijakan Merdeka Belajar. Penelitian ini bertujuan menganalisis sentimen ulasan pengguna aplikasi tersebut menggunakan metode VADER (Valence Aware Dictionary and sEntiment Reasoner) Lexicon. Data ulasan diperoleh melalui scraping, diikuti proses preprocessing untuk membersihkan data dan meningkatkan akurasi. VADER Lexicon menganalisis sentimen positif, negatif, dan netral dengan mempertimbangkan elemen linguistik, seperti intensitas dan negasi. Hasil analisis menunjukkan 87.3% ulasan positif, 8.3% negatif, dan 4.4% netral, mencerminkan tingkat kepuasan yang tinggi. Evaluasi dengan akurasi 90%, presisi 93.3%, recall 90%, dan F1-score 90.4% menunjukkan keandalan VADER dalam menganalisis sentimen. Meskipun metode ini efisien dan konsisten, kelemahan dalam menangkap ironi dan sarkasme serta bahasa lokal masih ada. Rekomendasi untuk penelitian selanjutnya mencakup pengembangan leksikon bahasa Indonesia dan kombinasi metode tambahan untuk akurasi yang lebih baik.

 

Kata kunci Aplikasi Merdeka Mengajar, VADER Lexicon, analisis sentimen, pendidikan digital, scraping

Downloads

Published

2025-01-31

How to Cite

Arifin, S., & Febryanto, B. A. (2025). Analisis Sentimen Pengguna Aplikasi Merdeka Mengajar Menggunakan Metode Vader Lexicon. SISFOTENIKA, 15(1), 1–11. https://doi.org/10.30700/sisfotenika.v15i1.513

Similar Articles

1 2 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.